Paper Editor – Grand teori menjadi salah satu bagian mendasar dalam sebuah penelitian, khususnya dengan pendekatan kualitatif. Seakan-akan menjadi bagian terpenting dan ruh yang akan mengarahkan penelitian menuju ke tujuan atau goal oriented yang tepat.

Nah… ada beberapa ahli yang memandang mengenai grand teori. Soo… papers juga tidak boleh asal-asalan dalam menafsirkannya, supaya tidak terjebak dalam pemahaman yang keliru.

Baca Juga: Grand Theory dalam Penelitian Kualitatif yang Sejalan, Akan Menunjang Analisis dan Temuan

Grounded Theory oleh Barney Glaser dan Anselm Strauss

Pendekatan ini berfokus pada pengembangan teori dari data lapangan. Para peneliti menggunakan prosedur analisis yang sistematis dan iteratif untuk mengembangkan konsep dan teori dari data yang dikumpulkan.

Teori Grounded Ethnography oleh Howard S. Becker dan Anselm Strauss

Pendekatan ini menggabungkan elemen-elemen dari grounded theory dan etnografi. Ini berfokus pada pengembangan teori dari data lapangan dengan penekanan pada situasi atau konteks tertentu.

Baca Juga: Fungsi Dasar Teori dalam Penelitian Kualitatif, Jangan Abai, Pikirkan Dari Awal Penelitian

Dua pakar tersebut menjelaskan mengenai konsep grand theory dalam sebuah penelitian, yang mana grand teori merupakan sebuah pandangan yang berupaya mengembangkan penelitian kualitatif supaya menghasilkan sesuatu yang baru.

Konsep grand teori nantinya juga akan mendorong novelty dalam sebuah penelitian, karena tentunya semua peneliti mengejar temuan yang benar-benar baru dalam penelitiannya.