Paper Editor –  Menentukan teori dasar atau yang sering disebut dengan grand theory merupakan persoalan yang susah-susah gampang, ini menjadi teori acuan yang akan digunakan sebagai pisau analisis dan pembahasan.

Tipsnya adalah ketika teori dasar yang digunakan sejalan dengan penelitian yang tengah dilaksanakan, maka akan memudahkan dalam melaksanakan analisis penelitian.

Dua langkah ini akan memberikan dampak pada temuan penelitian dan kesimpulan, sehingga memberikan hasil penelitian yang baik sesuai dengan goal penelitian.

Baca Juga: Konsep Gap Penelitian, Penelitian Relevan Harus Kuat, Peneliti Harus Paham Mesin Pencari

Kendala dasar dalam menentukan grand theory adalah minimnya buku referensi yang digunakan. Ketika tidak menemukan buku induk maka akan sedikit membuat sulit dalam mendalami teori dasar.

Kendala lainnya yaitu tren sekarang yang tidak mengutip dari buku utama, melainkan melalui jurnal ilmiah atau penelitian yang pernah dilaksanakan mengenai teori tersebut.

Tujuan utama sebuah penelitian adalah menemukan hasil atau goal yang terbaru atau memiliki keterbaruan. Upaya inilah yang menjadi tujuan utama penelitian dilaksanakan.

Baca Juga: Mau Submit Jurnal, Mahasiswa Harus Paham Bulan dan Momentum yang Pas Biar Gak Bayar Mahal

Keterbaruan dan novelty dalam melaksanakan penelitian adalah esensi penelitian dilaksanakan, menjadi sebuah alasan penting mengapa penelitian tersebut dilaksanakan.

Ringkasan dari opini diatas adalah grand theory harus sesuai dengan tema atau pembahasan, maka akan memudahkan dalam melaksanakan analisis yang berdampak pada hasil penelitian.