Paper Editor – SPSS adalah salah satu software alat bantu statistik, khususnya untuk urusan angka-angka dalam penelitian kuantitatif. Namun ternyata menggunakan SPSS bukan merupakan hal yang mudah, karena potensial menghasilkan nilai negatif pada setiap nilai ujinya.

Lantas, bagaimana kalau demikian itu terjadi?

SPSS merupakan program bantu statistika yang memang populer, hal ini tidak bisa dipungkiri lagi. Meski memang alat bantu ini memiliki tingkat kelemahan yang sangat besar.

Baca Juga: Indikator Penelitian Adalah Gumpalan Teori dan Kunci Penyusun Instrumen

Ketika seorang peneliti menggunakan program statistik ini, poin pentingnya adalah tabulasi data yang digunakan harus benar dan baik terlebih dahulu. Ketika tabulasi buruk, biasanya kebanyakan peneliti akan melakukan manipulasi data.

Agar data yang ditampilkan maksimal, maka penting sekali dalam SPSS harus menggunakan instrumen penelitian yang sangat-sangat valid dan kredibel.

Instrumen yang bernilai kurang, maka akan menjadi persoalan ketika menghasilkan nilai yang minus, dan tentunya akan berdampak pada output nilai SPSS yang tidak sesuai harapan.

Baca Juga: Fungsi Dasar Teori dalam Penelitian Kualitatif, Jangan Abai, Pikirkan Dari Awal Penelitian

Maka, SPSS dan manipulasi data merupakan hal yang seringkali dilakukan oleh peneliti. Kecuali, bagi peneliti yang menggunakan instrumen penelitian yang benar-benar top.

Soo… bagi Papers penting menyusun instrumen penelitian yang benar-benar top, kredibel dan jos sebelum melakukan penelitian.