Paper Editor – Menyusun latar belakang dalam penelitian kualitatif memerlukan perhatian khusus untuk memberikan konteks yang jelas dan mendalam tentang masalah penelitian. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda dalam menyusun latar belakang penelitian kualitatif:

Latar belakang penelitian kualitatif harus dimulai dengan pengenalan umum tentang topik atau fenomena yang akan diteliti. Jelaskan mengapa topik ini penting dan relevan dalam konteks yang lebih luas, baik dari segi sosial, budaya, atau ilmiah. Sertakan statistik, fakta, atau temuan penting dari penelitian sebelumnya yang mendukung pentingnya topik ini.

Baca Juga: Fungsi Dasar Teori dalam Penelitian Kualitatif, Jangan Abai, Pikirkan Dari Awal Penelitian

Selanjutnya, fokuskan pada identifikasi kekosongan pengetahuan atau celah dalam literatur yang ada. Jelaskan secara jelas apa yang belum diketahui atau dimengerti tentang topik tersebut. Ini akan membantu meyakinkan pembaca bahwa penelitian Anda memiliki nilai tambah dan relevansi dalam mengisi kekosongan pengetahuan tersebut.

Selain itu, latar belakang harus merinci konteks atau lanskap yang mengelilingi fenomena yang akan Anda teliti. Jelaskan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, atau politik yang dapat mempengaruhi atau terkait dengan topik penelitian Anda. Ini membantu dalam memahami kerumitan dan kompleksitas fenomena yang akan Anda telaah.

Sertakan juga kutipan atau pandangan dari penelitian kualitatif terkait yang telah ada, jika ada, untuk menunjukkan bahwa topik ini telah menjadi fokus penelitian sebelumnya. Ini akan mengarahkan pembaca pada konteks teoritis dan konseptual yang relevan dengan penelitian Anda.

Baca Juga: Pilihan Terbaik dalam Mengembangkan Hipotesis Penelitian Kuantitatif, Tanpa Embel-Embel Positif dan Signifikan?

Terakhir, sampaikan tujuan penelitian Anda secara jelas. Jelaskan apa yang akan Anda capai melalui penelitian ini dan mengapa pendekatan kualitatif dipilih sebagai metode yang tepat. Ini akan membantu membuka jalan bagi pembaca untuk memahami alasan di balik penelitian Anda dan mengapa ini merupakan kontribusi yang berharga terhadap bidang pengetahuan yang ada.

Dengan merinci konteks, kekosongan pengetahuan, dan tujuan penelitian secara sistematis, latar belakang penelitian kualitatif Anda akan menjadi landasan yang kuat untuk memahami esensi dan relevansi penelitian Anda.