Paper Editor –  Jurnal ilmiah belakangan menjadi salah satu aspek barometer kualitas personal ataupun lembaga pendidikan.

Banyak orang, mahasiswa, ataupun akademisi yang bingung memulainya dari mana, bagi pemula jurnal gratisan meskipun tidak bereputasi bisa menjadi opsi menarik.

Pertama, mencari informasi di beragam sosial media, Facebook, Instagram, ataupun medsos lainnya. Informasi menjadi salah satu bagian utama dan penting yang harus didapatkan.

Baca Juga: Jurnal atau Skripsi Ketika Perguruan Tinggi Memberikan Opsi sebagai Tugas Akhir? 

Kedua, mencari di Google Scholar, cara ini lebih rumit, karena harus melacak atau tracking satu per satu. Tapi ketika tidak sedang terburu-buru bukan menjadi persoalan.

Ketiga, mencari langsung di Web SINTA, namun tentunya ketika jurnal telah memiliki reputasi, memerlukan lebih banyak detail dan kedalaman kajian sebuah jurnal.

Baca Juga: Mahasiswa Indonesia Harus Go Internasional, Scopus Sediakan Ribuan Jurnal

Nah… bagi pemula bisa mencobanya pada opsi yang pertama, meski tidak bereputasi, tapi kualifikasi untuk terbit tidaknya sebuah jurnal akan lebih mudah.

Dari ketiga tips tersebut bisa dicoba, khususnya bagi kalangan yang mencari jurnal bereputasi bisa langsung mengakses Web SINTA.